Mengintip Festival Musim Dingin di Jepang


Festival musim dingin di Jepang merupakan festival yang menarik di awal bulan Februari setiap tahun. Salah Satu festival yang paling terkenal pada musim dingin di Jepang adalah Sapporo Yuki Matsuri di kota Hokkaido yang merupakan festival musim dingin terbesar di Jepang. Setiap tahunnya festival ini menarik kurang lebih 2 juta pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin menyaksikan ratusan patung salju dan pahatan es yang menghiasi dari Taman Odori, lapangan di Satoland, dan jalanan utama di Susukino.

Selama 7 hari di bulan Februari mata kita akan dimanjakan oleh patung – patung salju dan ukiran es yang indah. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1950 oleh 6 orang siswa SMA yang mengadakan lomba pahat salju kecil – kecilan, semakin lama semakin banyak anak – anak yang berpartisipasi. Pada tahun 1955 pasukan beladiri Jepang ikut membantu membuatkan pahatan es raksasa yang akhirnya membuat festival ini dikenal masyarakat luas. Tidak hanya pahatan es, dalam festival ini mereka juga bisa menikmati pertunjukkan music, kembang api, seluncuran es dan perang bola salju beramai – ramai.

Selain itu di kota Hokkaido,  Di Asahikawa juga diselenggarakan Winter Festival Asahikawa dan diadakan di awal Februari. Tujuan festival adalah menggabungkan antara campuran cahaya, es dan salju dengan pengunjung yang dapat melihat kembang api, pertunjukan laser, patung es, salju panggung besar dengan beberapa atraksi musik dan tari, serta memiliki kesempatan untuk mencoba beberapa dari makanan lokal, atau minum bir dingin.

Kegiatan festival dipusatkan di taman Tokiwa dimana Anda akan menemukan sejumlah besar patung es, lampu, menampilkan pertunjukkan laser, dan warung makanan dan minuman. Dari sini berjalan kaki melalui taman ke tepi sungai di mana Anda akan menemukan tahap salju besar.Di samping panggung utama adalah slide es besar untuk menjaga anak-anak agar terhibur selama berjam-jam. Ini juga merupakan lokasi utama untuk menonton kembang api yang ditembakkan di atas sungai. 
 
Es Internasional Kompetisi Patung berlangsung di sepanjang jalan perbelanjaan utama Kaimono Koen. Jadi di sana Anda memiliki 5 hari salju, es, lampu, laser, musik dan makanan minuman.